Chaos: Cakrawala Baru Memahami Alam & Masyarakat
0 Colour Pages & 235 B/W Pages
Kategori: Sains & Teknologi
Harga: Rp 58000

Buku ini ingin mengupas teori chaos tanpa matematika sama sekali! Ia hadir di tangan pembaca untuk mengajak pembaca berjalan-jalan dan menonton alam dan sistem sosial dengan cara yang lain. Tujuan buku ini adalah agar pembaca dapat melihat bahwa kita memiliki kemampuan untuk memahami pola yang muncul bahkan di tengah sistem yang kacau-balau.

Ekonofisika dan sosiofisika merupakan dua istilah yang bangkit di sini. Ilmu "baru" ini bagaikan lampu hijau yang merangsang kajian lintas ilmu yang berusaha mengatasi ketaklinieran sistem sosial. Perdebatan demi perdebatan terjadi dan justru semakin membuka peluang bagi kita untuk memahami sistem sosial termasuk sistem alam secara keroyokan. Fisikawan, ekonom, ahli ilmu sosial, biolog, dokter, ramai-ramai membicarakan sistem alam dan sosial dalam membuat yang kompleks menjadi sederhana dan bisa dipahami dengan mudah.

Buku ini ingin menularkan kegairahan yang dialami penulis ketika meneliti sistem sosial dengan teori chaos selama sepuluh tahun terakhir, meliputi penelitian geometri fraktal pada batik dan candi di Indonesia, musik generatif, hingga analisis sosial dan ekonomi kompleks. Dengan demikian semakin banyak pembaca yang akrab dengan konsep ini. Dan kalau sudah begitu, kita bisa bareng-bareng berfikir bagaimana menerapkan konsep chaos dalam berbagai sistem. Tujuannya tentu adalah untuk mengembangkan ekonofisika dan sosiofisika di tanah air.

Buku ini diperuntukkan bagi siapapun yang ingin tahu tentang teori chaos dan upaya penerapannya pada berbagai sistem. Kalaupun ada  persamaan matematika yang menyelonong, untuk memahaminya tak diperlukan latar belakang yang lebih dari pemahaman matematika sekolah menengah atas. Tetapi bukan berarti seorang doktor tak perlu membacanya Kebaruan teori ini dan berbagai gagasan di dalam buku ini berkeinginan untuk merangsang inspirasi dan kreativitas pembacanya. Buku ini bisa dianalogikan sebagai travel guide ke sebuah tempat wisata bernama teori chaos. Apapun latar belakang anda, tentu tetap perlu sebuah travel guide, 'kan?



You May Also Like
 

Review
 
No review yet. Be the first to review this book!

Write A Review
 
Name
 
Email
 
Review
Captcha